-->

Kamis, 23 Januari 2014

PROPOSAL PENELITIAN



PENDAHULUAN


A.        Latar Belakang
Perkembangan dunia industri semakin maju seiring dengan terjadinya revolusi industri pada akhir abad ke 18 sampai awal abad ke 19. Perkembangan itu sejalan dengan majunya pola pikir manusia yang selalu berusaha menciptakan sesuatu untuk mempermudah pekerjaan yang dilakukan. Hal tersebut mendorong terciptanya pabrik-pabrik sebagai tempat untuk memproduksi keperluan manusia baik dalam skala besar maupun kecil, baik industri kimia maupun industri non kimia. Pesatnya pertumbuhan penduduk yang menyebabkan semakin besarnya permintaan kebutuhan akan produk, mendorong setiap pabrik melakukan upaya peningkatan kapasitas produksi.
Peningkatan kapasitas produksi dapat dilakukan di suatu pabrik tentunya dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, antara lain dengan penambahan mesin,operator, dan  waktu operasi. Cara-cara konvensional tersebut tentunya akan memerlukan biaya besar serta belum tentu menguntungkan bagi pihak pabrik. Cara konvesional tersebut tentunya dapat dioptimalkan dengan melakukan analisis berdasarkan teori dan aplikasi peningkatan kapasitas produksi. Salah satu teori yang dapat digunakan adalah analisis metode antrian.  Hal ini dikarenakan, sebagian besar pabrik beroperasi dengan sumber daya yang relatif terbatas, sehingga sering terjadi orang-orang, barang-barang, komponen-komponen, atau kertas kerja harus menunggu (mengantri) untuk mendapatkan jasa pelayanan. Karena menunggu memakan waktu, sementara waktu merupakan sumber daya yang berharga, maka pengurangan waktu menunggu dalam proses produksi merupakan tema yang menarik untuk dianalisis.
PT. Federal Karyatama merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang memproduksi pelumas kemasan untuk disupply kepada 40 main dealer yang tersebar di seluruh Indonesia. Seiring dengan semakin meningkatnya jumlah kendaraan bermotor, tentunya peningkatan kapasitas produksi di PT. Federal Karyatama harus selalu ditingkatkan untuk menjamin ketersediaan dan ketepatan waktu produksi pelumas kemasan bagi para main dealer. Hal tersebut tidaklah mudah, dikarenakan kemungkinan adanya antrian yang berlebihan (Bottleneck) dalam proses produksi sehingga mengurangi kemampuan (efektifitas) produksi. Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukannya suatu arus produksi yang lancar sehingga kapasitas produksi dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan keuntungan bagi perusahaan.
Permasalahan tersebutlah yang mendorong penulis untuk melakukan penelitian serta analisis penerapan metode antrian pada proses pengemasan pelumas di PT. Federal Karyatama. Analisis tersebut diharapkan menjadi masukkan dalam usaha peningkatan kapasitas produksi di PT. Federal Karyatama.

B.        Perumusan Masalah
Perumusan masalah yang menyebabkan timbulnya penelitian ini adalah keterbatasan sumber daya dalam proses produksi akan menjadi hambatan dalan proses produksi dan menimbulkan antrian yang berlebihan (Bottleneck), sehingga kapasitas produksi tidak dapat dimaksimalkan. Hal ini dikarenakan arus produksi yang tidak lancar. Oleh kerena itu perlu diketahui faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya antrian. Bagaimana cara mengatasi antrian tersebut untuk melancarkan arus produksi.

C.        Tujuan Penelitian
Tujuan dari pelaksanaan kerja praktek dan penulisan ilmiah ini adalah sebagai berikut:
1.     Mempelajari proses produksi dalam pembuatan pelumas kemasan di PT. Federal Karyatama.
2.     Mengetahui sistem, disiplin, struktur dan model antrian di lini pengemasan PT. Federal Karyatama.
3.     Mengetahui hambatan apa saja yang menyebabkan terjadinya antrian dalam proses pengemasan pelumas di PT. Federal Karyatama.



BAB II
METODE PENELITIAN


A.        Objek / Unit Analisis Penelitian
PT. Federal Karyatama merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang usaha blender pelumas dan pengemas swata minyak lumas dengan merk Federal oil. Produk federal oil terdiridari berbagai, antara lain Supreme Ultratec, Supreme XX, Supreme Flick, Prime 1, Rextron, dan AHM Oil MPX 2. Diproduksinya berbagai jenis oli kemasan merupakan bentuk usaha PT. Federal Karyatama untuk memenuhi kebutuhan pasar dari segi spesifikasi produk.
Salah satu bidang usaha yang dijalankan oleh PT. Federal Karyatama adalah sebagai pengemas swata minyak lumas dengan merk Federal oil. Dalam memenuhi permintaan pelanggan, PT. Federal Karyatama mengoperasikan 3 lini produksi pada shift pagi dan 2 lini produksi pada shift malam. Jumlah pekerja dalam setiap lini adalah 10 orang, yang terdiri dari 9 orang dan 1 orang kepala regu.
Pada kemasan kaleng menggunakan stiker hologram dan kemasan botol plastik menggunakan Alu-foil berhologram pada setiap leher botol sebagai fungsi proteksi dari pemalsuan.
       
Gambar 2.1 Sistem Hologram pada Kemasan Federal Oil
Sumber : PT. Federal Karyatama

Pada tahun 1997 PT. Federal Karyatama melakukan inovasi pada kemasan supreme untuk wilayah pemasaran Jawa dan Bali dan diberikan nama kemasan Federal Oil Ultratec.


Gambar 2.2 Teknologi Ultratec pada Kemasan Federal Oil
Sumber : PT. Federal Karyatama

B.       Data Variabel
Data yang diamati adalah data kuantitatif dan termasuk kedalam data kontinyu. Hal tersebut dikarenakan oleh data yang diperoleh berdasarkan pengukuran dan perhitungan.

C.       Teknik Pengumpulan Data
Jenis data yang diamati menurut cara memperolehnya adalah data primer yang mana secara langsung diambil dari objek / obyek penelitian oleh peneliti perorangan maupun organisasi. Peneliti mengamati waktu aktifitas di setiap stasiun kerja menggunakan stopwatch untuk mengetahui waktu perpindahan dan waktu filling. Selain itu juga termasuk ke dalam data sekunder yaitu secara tidak langsung, data diberikan oleh perusahaan secara wawancara atau hard copy isi oli berapa mili liter, jumlah pekerja, job description, dan kapasitas produksi. Menurut waktu pengumpulannya termasuk dalam data cross-section yang mana data yang diamati menunjukkan titik waktu tertentu. Berdasarkan sumber datanya termasuk data internal yang mana data yang menggambarkan situasi dan kondisi pada suatu organisasi secara internal dan eksternal ruang lingkup di luar perusahaan tapi mempengaruhi perusahaan.

D.        Teknik Pengolahan Data
Data yang telah diperoleh kemudian diolah secara manual dan dengan menggunakan software. Pengolahan secara manual menggunakan rumus-rumus teori antrian yang single channel multi phase. Pengolahan menggunakan software menggunakan SPSS dengan uji data normal dan poisson.

DAFTAR PUSTAKA


Aminudin. (2005). Prinsip-prinsip Riset Operasi. Jakarta: Erlangga
Ayu (1996). Pengantar Riset Operasional. Jakarta: Universitas Gunadarma
Hasan, Iqbal (2002). Penelitian Operasional. Yogyakarta: Andi Offest.

ANGGARAN PENELITIAN


Biaya yang diperlukan untuk melakukan kegiatan ini dapat dirinci sebagai berikut:
1.     Bahan habis pakai
a.                Kertas A4,  2  rim @ Rp. 38.000,-                      = Rp.      76.000,-
b.               Tinta hitam,  3 Cartridge @ 100.000,-                 = Rp.    300.000,-
c.                Tinta warna, 2 Cartridge @ 150.000,-                 = Rp.    300.000,-
d.               Penjilidan, Hard Cover 1 Buah @ Rp. 40.000,-   = Rp.      80.000,-
e.                Pulpen, 1 kotak@ Rp. 15.000,-                            = Rp.      15.000,-       
2.     Perjalanan selama 8 minggu kerja kerja
a.      Transportasi 1 Orang Pulang Pergi @ Rp 15.000,-   = Rp.  3.000.000,-
b.     Konsumsi 1 orang @ Rp.8.000,-                                = Rp.  1.600.000,-
3.     Peralatan Penunjang
a.      Biaya studi pustaka                                                    = Rp.    300.000,-
b.     Dokumentasi  (Sewa kamera dan cetak foto)             = Rp.   100.000,-
4.     Lain-lain
a.   P3K                                                                             = Rp.      20.000,- +    
Total                                                                                       = Rp. 5.521.000,-

Jadwal Pelaksanaan Penelitian



Jadwal kegiatan program dari penelitiaan yang akan dilakukan adalah seperti pada tabel berikut:

Sumber : Penulisan Ilmiah

ARIA KUSUMADIYANTO / 30406117
ANALISIS PENERAPAN METODE ANTRIAN PADA PROSES PENGEMASAN PELUMAS DI PT. FEDERAL KARYATAMA      



3 komentar:

  1. Hai kak laila, aku nuzul.. Yg kebetulan juga mau kerja praktek di PT federal karyatama, tapi aku mau penelitian pake simulasi software promodel.. Kalau boleh ngobrol2 lebih lanjut, aku mau tanya2 banyak hal.. Boleh minta email atau nomer kk?

    BalasHapus
  2. Hai nuzulia,

    Tulisan ini aku salin dari sumber yang udah aku cantumin dalam tulisan aku di atas.

    Sumber : Penulisan Ilmiah
    ARIA KUSUMADIYANTO / 30406117
    ANALISIS PENERAPAN METODE ANTRIAN PADA PROSES PENGEMASAN PELUMAS DI PT. FEDERAL KARYATAMA
    Universitas Gunadarma..

    Insya Allah kalau beliau sudah tidak sibuk aku kabarin ya

    BalasHapus
  3. PT TWIN Logistics perusahaan Ppjk ingin mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.

    Keterangan tambahan :
    1. Nomor Induk Berusaha ( NIB ) : 1257002601078
    2. IT ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )
    3. SPI-PI Besi Baja,
    4. SPI-PI Produk Kehutanan,
    5. SPI-PI Barang Bekas,
    6. SPI-PI Tekstil & Izin TPT
    7. Produk-produk Lartas SNI
    8. LS ( Laporan Surveyor )
    9. LS Alas kaki
    10. LS Garment
    11. LS Textile
    12. LS Electronik

    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan baik dan lancar.
    Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Bpk/ Ibu dapat menghubungi Customer Support PT TWIN Logistics melalui Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.twinlogistics@yahoo.com

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : pt.twinlogistics@yahoo.com, andijm@twin.co.id
    Web : www.twinlogistics.co.id , www.twin.co.id


    BalasHapus