-->

Minggu, 19 Oktober 2014

TUGAS KEWIRAUSAHAAN PRA UTS



KEWIRAUSAHAAN

Lailatul Hudairiah
34411058
4ID06

A.        Pengertian
Kewirausahaan adalah kemampuan untuk berdiri sendiri, berdaulat, merdeka lahir dan bathin, sumber peningkatan kepribadian, suatu proses dimana orang mengejar peluang, merupakan sifat mental dan sifat jiwa yang selalu aktif dituntut untuk mampu mengelola, menguasai, mengetahui dan berpengalaman untuk memacu kreatifitas. Berasal dari bahasa Perancis : Perantara.
Seorang wirausahawan adalah orang-orang yang memiliki jiwa wirausaha dan mengaplikasikan hakekat kewirausahaan dalam hidupnya. Orang-orang yang memiliki kreativitas dan inovasi yang tinggi dalam hidupnya. Secara epistimologis, sebenarnya kewirausahaan hakikatnya adalah suatu kemampuan dalam berpikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar, sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat dan kiat dalam menghadapi tantangan hidup.

B.        Karakteristik
Karakteristik Wirausahawan Menurut McClelland :
1. Keinginan untuk berprestasi
2. Keinginan untuk bertanggung jawab
3. Preferensi kepada resiko-resiko menengah
4. Persepsi kepada kemungkinan berhasil
5. Kepemimpinan terorientasi kepada tujuan
6. Obyektivitas
7. Tanggung jawab pribadi
8. Kemampuan beradaptasi
9. Kemampuan sebagai pengorganisasi dan administrator
10. Rangsangan oleh umpan balik
11. Aktivitas energik
12. Orientasi ke masa depan
13. Keterampilan dalam pengorganisasian
14. Sikap terhadap uang

Inovasi adalah kunci penting seorang wirausahawan
Tiga jenis perilaku :
1.     Memulai inisiatif
2.     Mengorganisasi dan mereorganisasi mekanisme sosial/ekonomi untuk merubah sumber daya dan situasi dengan cara praktis
3.     Diterimanya resiko dan kegagalan

C.        Kebutuhan Dasar Kewirausahaan
Kebutuhan dasarnya yaitu :
1.   Kebutuhan untuk berprestasi (nAch)
n-ACH adalah motivasi untuk berprestasi, karena itu karyawan akan berusaha mencapai prestasi tertingginya, pencapaian tujuan tersebut bersifat realistis tetapi menantang, dan kemajuan dalam pekerjaan. Karyawan perlu mendapat umpan balik dari lingkungannya sebagai bentuk pengakuan terhadap prestasinya tersebut.
2.   Kebutuhan untuk berafiliasi (n Afil)
Kebutuhan untuk Berafiliasi atau Bersahabat (n-AFI) Kebutuhan akan Afiliasi adalah hasrat untuk berhubungan antar pribadi yang ramah dan akrab. Individu merefleksikan keinginan untuk mempunyai hubungan yang erat, kooperatif dan penuh sikap persahabatan dengan pihak lain. Individu yang mempunyai kebutuhan afiliasi yang tinggi umumnya berhasil dalam pekerjaan yang memerlukan interaksi sosial yang tinggi. Mc Clelland mengatakan bahwa kebanyakan orang memiliki kombinasi karakteristik tersebut, akibatnya akan mempengaruhi perilaku karyawan dalam bekerja atau mengelola organisasi.
3.   Kebutuhan untuk berkuasa (n Pow)
Kebutuhan akan Kekuasaan (n-POW) Kebutuhan akan kekuasaan adalah kebutuhan untuk membuat orang lain berperilaku dalam suatu cara dimana orang-orang itu tanpa dipaksa tidak akan berperilaku demikian atau suatu bentuk ekspresi dari individu untuk mengendalikan dan mempengaruhi orang lain.

D.        Sumber gagasan
dalam identifikasi peluang usaha baru biasanya sumber-sumber gagasan peluang usaha baru bisa muncul ketika:
1. Kebutuhan akan sumber penemuan
2. Hobi atau kesenangan pribadi
3. Mengamati kecenderungan-kecenderungan
4. Mengamati kekurangan-kekurangan produk dan jasa yang ada
5. Mengapa tidak terdapat ?
6. Kegunaan lain dari barang-barang biasa
7. Pemanfaat produk dari perusahaan lain

E.        Unsur Dasar Analisa Pulang Pokok
Analisa pulang pokok umumnya terdiri dari refleksi, pembahasan,pertimbangan dan pembuatan keputusan relatif terhadap tujuh unsurpokok:
1. Biaya Tetap : pengeluaran yang dikeluarkan tanpa meiihat jumlah produk yang dihasilkan
2. Biaya variabel : pengeluaran yang berfluktuasi dengan jumlah produk yang dihasilkan
3. Biaya Total: jumlah total biaya tetap dari biaya variabel yang berkaitan dengan produksi
4. Pendapatan Total : semua nilai rupiah penjualan yang terakumulasi  dari penjualan produk
5. Keuntungan : jumlah pendapatan total yang melebihi biaya total dariiproduksi barang yang dijual
6.  Kerugian : jumlah biaya total produksi barang yang melebihi pendapatan total yang diperoleh dari penjualan barang tersebut
7.Titik Pulang Pokok : pendapatan total sama dengan biaya totalnya,artinya perusahaan hanya memperoleh pendapatan yang hanya cukupuntuk menutupi biaya-biayanya. Perusahaan tidak untung tidak rugi.

F.         Bentuk bentuk kepemilikan usaha
1.   BUMN (Badan Usaha Milik Negara), yaitu badan usaha yang permodalannya seluruhnya atau sebagian dimiliki oleh Pemerintah yang bertujan untuk melayani masyarakat dan mencari keuntungan
Keuntungannya adalah usaha tersebut dimiliki sepenuhnya oleh pemerintah negara sehingga sangat kecil resiko usaha tersebut mengalami kebangkrutan.
Kerugiannya adalah usaha tersebut tidak akan mendapatkan keuntungan yang besar karena tujuan usaha tersebut melayani dan mementingkan masyarakat
2.   BUMS (Badan Usaha Milik Swasta), yaitu badan usaha yang permodalannya seluruhnya atau sebagian dimiliki oleh Pemerintah yang tujuannya untuk mencari keuntungan yang sebesar besarnya.
Keuntungannya adalah usaha tersebut dikenadalikan penuh oleh pemiliknya, sehingga bisa lebih fokus untuk mencari keuntungan yang maksimal.
Kerugiannya adalah usaha tersebut bisa saja bangkrut jika pemiliknya tidak dapat bersaing dalam usahanya tersebut.
3.   BUMD (Badan Usaha Milik Daerah), yaitu badan usaha yang didirikan oleh pemerintah daerah yang modalnya sebagian besar / seluruhnya adalah milik pemerintah daerah
Keuntungannya yaitu usaha tersebut sepenuhnya dimiliki oleh pemerintah daerah dan peluang bangkrutnya sangat kecil karna dikuasai sepenuhnya oleh pemerintah negara
Kerugiannya yaitu usaha tersebut lebih mementingkan kepentingan penduduk daerah sehingga tidak dapat meraih keuntungan yang besar.

G.        Seleksi Sumber Daya Manusia
Langkah langkah dan tahap tahap seleksi sumber daya manusia yaitu
1.   Penyaringan pendahuluan (Preliminary Screening) dari rekaman, berkas data, dll.
2.    Wawancara pendahuluan
3.    Tes Kecerdasan (Intelligence)
4.    Tes bakat (Aptitude)
5.    Tes kepribadian (Personality)
6.    Rujukan Prestasi (Performance Refenrences)
7.    Wawancara dianostik
8.    Pemeriksaan kesehatan
9.    Penilaian Pribadi

Atau selengkapnya:
1.         PEREKRUTAN (Recruitment)
Penarikan tenaga kerja adalah suatu proses penyaringan awal dari calon SDM yang tersedia untuk mengisi suatu posisi.
2.    SELEKSI
Seleksi adalah pemilihan individu untuk dipilih lagi secara spesifik dari semua individu yang telah direkrut.
Terdapat dua tahap yang harus di lalui untuk lulus seleksi yaitu, ujian (testing) dan pusat penilaian (assessment centers). Tujuan dari testing adalah untuk meningkatkan keberhasilan pemilihan sumber daya manusia yang sesuai bagi organisasi kewirausahaan.

3.    PELATIHAN (Training)
Pelatihan adalah proses pengembangan kualitas SDM yang pada akhirnya akan membuat sumber daya tersebut menjadi lebih produktif dan, karenanya bisa menyumbang bagi pencapaian tujuan organisasional. Oleh karena itu, tujuan dari pelatihan adalah untuk meningkatkan produktivitas dari individu-individu dalam tugas mereka dengan mempengaruhi perilaku mereka.

4.    PENILAIAN HASIL KERJA
Penilaian hasil kerja adalah proses menelaah aktivitas produktif individu-individu di masa lalu untuk mengevaluasi sumbangan yang mereka buat dalam mencapai tujuan sistem manajemen. Seperti halnya dengan pelatihan, penilaian hasil kerja adalah aktivitas yang bersifat continue dan dipusatkan pada SDM yang relative baru maupun yang sudah mapan dalam organisasi kewirausahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar